Pages

Kamis, 07 November 2013

Kata dan pengertian Kata - Kalimat Efektif

kata adalah suatu unit dari suatu bahasa yang mengandung arti dan terdiri dari satu atau lebih morfem. Umumnya kata terdiri dari satu akar kata tanpa atau dengan beberapa afiks. Gabungan kata-kata dapat membentuk frasa, klausa, atau kalimat.SUMBER




imbuhan adalah bunyi yang ditambahkan pada sebuah kata - entah di awal, di akhir, di tengah, atau gabungan dari antara tiga itu - untuk membentuk kata baru yang artinya berhubungan dengan kata yang pertama.


Imbuhan digolongkan berdasarkan posisi penambahannya sebagai berikut:
awalan
sisipan
akhiran
konfiks


Bahasa asing merupakan bahasa yang tidak digunakan oleh orang yang tinggal di sebuah tempat yang tertentu: misalnya, bahasa Indonesia dianggap sebagai sebuah bahasa yang asing di Australia.


Bahasa asing juga merupakan sebuah bahasa yang tidak digunakan di tanah air / negara asal seseorang, misalnya; seorang penutur bahasa Indonesia yang tinggal di Australia boleh mengatakan bahwa bahasa Inggris adalah bahasa yang asing untuk dirinya sendiri. Walau bagaimanapun juga, kedua definisi tersebut masihlah kurang meliputi arti 'bahasa asing' secara keseluruhan. Lagipula, istilah 'bahasa asing' kadang-kadang diterapkan dengan cara yang dapat menyesatkan orang lain atau yang kurang tepat.
contoh dalam kalimat beberapa perhubungan makna seperti sinonim, hiponimi, homonimi, polisemi, dan antonimi.
1.
sinonim.
Sinonim adalah suatu kata yang memiliki bentuk yang berbeda namun memiliki arti atau pengertian yang sama atau mirip. Sinomin bisa disebut juga dengan persamaan kata atau padanan kata.
contoh kalimatnya:
bunga, kembang, dan puspa adalah tiga buah kata yang bersinonom; mati, wafat, meninggal, dan mampus adalah empat buah kata yang bersinonim.
2.
hiponimi
Hoponimi adalah hubungan makna hierarchies.
Contohnya adalah kata “rasa”.
Buah mangga milik pamanku mempunyai dua rasa yang berbeda yaitu asam dan manis.
3.homonimi
Homonimi adalah dua buah makna atau lebih dinyatakan dengan sebuah bentuk yang sama.
Contohnya adalah kata “bisa” dalam arti bisa (dapat) dan bisa (racun yang ada pada ular).
•adikku terkena bisa ular sehingga tubuhnya tak bisa bergerak.
•Saya tidak bisa mengikuti pelatihan karena saya belum melunasi pembayaran pendaftarannya.
4.polisemi
Polisemi adalah satu kata yang memiliki banyak arti.
Contohnya adalah kata “buah”.
•Buah jeruk adalah buah kesukaanku karena banyak terkandung vitamin. (buah yang dimaksud adalah jenis buah)
•ibu ku mempunyai buah hati lagi. (buah yang di maksud adalah bayi).
5.antonimi
Antonimi adalah perlawanan kata.
Contohnya adalah kata “hidup – mati”.
• Hidup dan mati seseorang ditentukan oleh allah swt sehingga kita tidak bisa menentukan takdir sendiri.
SUMBER 4

Kalimat efektif ialah kalimat yang memiliki kemampuan untuk menimbulkan kembali gagasan- gagasan pada pikiran pendengar atau pembaca seperti apa yang ada dalam pikiran pembicara atau penulis. Kalimat sangat mengutamakan keefektifan informasi itu sehingga kejelasan kalimat itu dapat terjamin. Kalimat dikatakan efektif apabila berhasil menyampaikan pesan, gagasan, perasaan, maupun pemberitahuan sesuai dengan maksud si pembicara atau penulis. Untuk itu penyampaian harus memenuhi syarat sebagai kalimat yang baik, yaitu strukturnya benar, pilihan katanya tepat, hubungan antarbagiannya logis, dan ejaannya pun harus benar.SUMBER 5



Ada hal-hal yang berhubungan dengan kalimat efektif , yaitu alinea dimana alinea itu sendiri merupakan satu kesatuan pikiran, satu kesatuan yang lebih tinggi dari sebuah kalimat.

Alinea merupakan himpunan yang saling berkaitan untuk membuat sebuah gagasan dari penulis. Dari pembentukan sebuah alinea harus mempunyai tujuan dimana penulis harus menceritakan idenya kedalam suatu cerita .Contoh dari kalimat efektif sangat banyak , diantaranya :
- Tomi pergi ke kampus, kemudian Tomi pergi ke perpustakaan (tidak efektif)
- Tomi pergi ke kampus, kemudian ke perpustakaan (efektif)
SUMBER 6



Contoh:


Amara pergi ke sekolah, kemudian Amara pergi ke rumah temannya untuk belajar. (tidak efektif)


Amara pergi ke sekolah, kemudian kerumah temannya untuk belajar. (efektif)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar